Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan

Green TeaSudahkah Anda minum Teh Hijau? Wah rugi deh kalo seandainya kita gak mengkonsumsinya setiap hari. So what? Selain harganya terjangkau, manfaat dan khasiat teh hijau sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Dan dibawah ini adalah khasiat dari teh hijau  yang sudah mendunia. Yaitu:

Anti Aging

Teh hijau mengandung antioksidan yang dikenal sebagai polifenol yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Polifenol tersebut dapat membantu Anda melawan penuaan dan memanjangkan umur. Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah kanker kulit.

Mencegah Kanker

Beberapa antioksidan di dalam teh hijau berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Hal ini dibuktikan bahwa antioksidan dalam teh hijau 100 kali lebih efektif dibandingkan vitamin C dan 25 kali lebih baik dari vitamin E. Berbagai studi juga mengatakan bahwa orang yang teratur minum teh hijau dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat.

Mencegah Obesitas

Teh hijau dapat mencegah obesitas dengan cara menghentikan gerakan glukosa dalam lemak. Jika Anda menjalani program diet sehat, olahraga yang  teratur, serta rutin minum teh hijau, maka Anda tidak akan mengalami obesitas.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Minum teh hijau secara rutin akan menjaga tekanan darah Anda dengan merepresi angiotensin yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Mencegah Kematian Sel

Teh hijau dapat mencegah penyakit jantung serta penyakit stroke dengan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Bahkan apabila seseorang peminum rutin teh hijau terkena serangan jantung, maka akan terlihat khasiatnya karena kandungan yang terdapat pada  teh hijau dapat mencegah kematian sel dan mempercepat pemulihan jantung.

Mencegah Kerusakan Otak

Antioksidan dalam teh hijau juga dapat membantu Anda untuk mencegah kerusakan sel pada otak, yang dapat menyebabkan Parkinson. Selain itu teh hijau dapat  meningkatkan memori Anda.

Menghentikan Penyebaran Virus HIV

Para ilmuwan di Jepang telah menemukan bahwa EGCG (epigallocatechin gallate) dalam teh hijau dapat menghentikan penyebaran virus HIV ke sel-sel tubuh yang masih sehat.

Menurunkan Tingkatan Gula Darah

Teh hijau mampu meningkatkan metabolisme lipid yang berguna untuk mencegah peningkatan gula dalam darah dan menyeimbangkan tingkat metabolisme. Polifenol dan polisakarida dalam teh hijau juga dapat membantu Anda menurunkan tingkatan gula darah.

Menurunkan Berat Badan

Teh hijau dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak dan meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Proses pembakarannya hingga 70 kalori dalam sehari.

Mengurangi Resiko Arthritis

Teh hijau dapat mencegah dan mengurangi risiko rheumatoid arthritis karena mampu melindungi tulang rawan Anda dengan menghalangi enzim yang menghancurkan tulang rawan.

Menguatkan Tulang

Kuncinya adalah kandungan fluorida yang tinggi ditemukan dalam teh hijau. Fluorida ini akan membantu mempertahankan kepadatan tulang Anda.

Memperlambat Alzheimer

Meskipun tidak ada obat untuk Alzheimer, teh hijau dapat memperlambat proses pengurangan acetylcholine dalam otak yang mengarah pada Alzheimer.

Membunuh Racun

Catechin yang ditemukan dalam teh hijau mampu membunuh bakteri akibat keracunan makanan dan juga mampu membunuh racun yang dihasilkan oleh bakteri.

Meningkatkan Imunitas

Polifenol dan flavenoids yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan supaya tubuh Anda lebih kuat dalam melawan infeksi.

Mengobati Flu dan Alergi

Teh hijau mampu mencegah flu dan pilek, karena vitamin C yang terdapat di dalam teh hijau dapat mengobati flu berat dan flu biasa. Selain itu, kandungan EGCG yang ditemukan dalam teh hijau dapat mengurangi alergi. Jadi, jika Anda menderita alergi maka Anda diwajibkan mengkonsumsi teh hijau.

Mengobati Asma

Teofilin dalam teh hijau dapat melemaskan otot-otot yang mendukung saluran bronkial, sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan asma.

Menghilangkan Stres

L-theanine, yang merupakan jenis asam amino dalam teh hijau, dapat membantu Anda menghilangkan stres dan kecemasan.

Menghilangkan Bau Mulut

Teh hijau mampu membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan bau mulut.

0 Komentar

 
'