Tips Sederhana Pencegahan Penyakit Kanker

Inilah beberapa tips sederhana yang akan saya share untuk mencegah penyakit kanker:

Hindari Bahan Kimia

Merokok adalah salah satu penyebab utama kematian akibat kanker. Jika Anda seorang perokok berat, maka dianjurkan sekali untuk berhenti dari sekarang. Selain itu hindari bahan kimia beracun di sekitar rumah Anda. Mulailah beralih ke lingkungan yang aman dan bebas polusi.

Hindari Alkohol

Meminum minuman beralkohol memang tidak dianjurkan untuk kesehatan. Tetapi jika Anda adalah seorang peminum kelas berat, cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit.

Kurangi Lemak

Cobalah untuk menurunkan konsumsi menu harian Anda dari lemak sebanyak 30% dari total asupan kalori Anda. Kadar lemak yang terlalu tinggi dapat memberikan kontribusi untuk beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus besar. Hal ini dikarenakan orang yang kelebihan berat badan beresiko lebih besar menderita kanker dan penyakit jantung. Maka biasakanlah berolahraga secara teratur serta diet yang seimbang.

Rajin Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Buah serta sayuran yang baik untuk Anda adalah yang berwarna hijau dan kuning. Makanlah setidaknya 5 porsi dalam sehari, karena akan membantu Anda mendapatkan Vitamin A, C, E dan zat-zat lain yang mengandung sel anti-kanker. Selain itu, sayur dan buah yang berserat tinggi dapat mencegah Anda dari kanker usus besar.

Gunakan Tabir Surya dan Penutup Kepala

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit. Pakailah tabir surya SPF15 dan juga gunakanlah penutup kepala ketika Anda berada diluar seperti topi, dll.

Belajar untuk Tenang

Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang akan mengurangi kemampuan  Anda untuk melawan kanker dan penyakit lainnya.

Deteksi Dini

Selanjutnya adalah pencegahan, karena pertahanan terbaik melawan kanker adalah deteksi dini. Biasakanlah untuk rajin tes skrining kanker, seperti tes mammogram dan uji prostat.

0 Komentar

 
'