Kunci Kesuksesan untuk Masa Depan Anak

Langsung aja deh ya..
Berikut ini saya share beberapa tips untuk anak anda agar dirinya mampu menjadi pribadi yang sukses di masa depan nanti. Sumber tulisan dari sahabat tercinta saya. :-)

Dukunglah anak Anda

Sahabat pencinta anak, mendukung tidak hanya sebatas ucapan, tapi lebih dari itu. Memberikan dukungan harus berupa tindakan nyata, apapun yang menjadi minat dan keinginan anak selama hal itu positif dan baik untuknya, maka dukunglah hal tersebut. Jangan pernah mengekang keinginan anak, jika hal tersebut tidak baik untuknya maka berikanlah penjelasan yang baik dan dengan bahasa yang dimengerti oleh anak. Berikanlah kasih sayang, sahabat pencinta anak, ya betul, kasih sayang kepada semua anak anda. Dengan kasih sayang yang tulus dan jangan pernah membohonginya. Berikanlah label positif kepada anak seperti, “AYO KAMU BISA” pemberian label positif akan selalu tertanam dipikirannya bahwa dia bisa. Apapun masalah didepan yang merintang, dengan dukungan dan pemberian label positif seperti itu, akan mendorongnya untuk berjuang mengatasi hal tersebut sebab, “KAMU BISA”.

Kerjasama dengan Guru

Guru adalah orangtua kedua bagi anak, sahabat pecinta anak, lakukanlah komunikasi yang rutin dengan guru disekolah. Dengan begitu, sahabat akan mengetahui seberapa besar kemajuan anak dalam pelajaran, prilaku dan sebagainya. Sahabat pecinta anak juga akan mengetahui dengan siapa saja anak bergaul dan lingkungan seperti apa yang menjadi tempat ia beradaptasi. Dengan begitu sahabat pecinta anak semua, dapat mengontrolnya. Selain itu, jika ada pertemuan antara orangtua dan guru, sahabat pecinta anak, usahakanlah hadir dipertemuan itu. Sahabat pecinta anak semua, akan mengetahui perkembangan akademis anak sahabat semua disekolah. Jika ada masalah dengan pelajaran sekolahnya maka, komunikasikanlah dengan gurunya dan juga dengan anak.

Sediakan waktu untuknya

Sahabat pecinta anak semua, meluangkan waktu bersama dengan anak selain dapat memberikan keakraban diantara orangtua dan anak, lebih dari pada itu akan mengeratkan komunikasi antara sesama anggota keluarga. Anak-anak akan menjadi lebih dekat dengan orangtua dan orangtua pun tahu apa yang menjadi keinginan anak. Pada waktu luang tersebut, anak yang kemungkinan stress dengan pelajaran disekolah dapat melepaskan penat dan stress yang ada dikepalanya dengan berkumpul dan bersenda gurau dengan anggota keluarganya.

Awasi kegiatan belajarnya

Mengawasi disini bukanlah seperti satpam yang mondar-mandir depan pintu dan sesekali melihat kedalam apakah anak belajar atau mengerjakan PR dari gurunya. Ikutlah bersama anak dalam mengerjakan PR nya, ajarilah ia pada soal yang ia tidak tahu, tapi jangan sekali-kali memberikan jawaban yang instant. Sahabat pecinta anak, bimbinglah anak untuk berpikir dan mengerjakan sendiri tugas atau PR nya. Biarkan anak berpikir keras untuk menjawab, sahabat pecinta anak hanya perlu memberikan penjelasan kepadanya. Buatlah jadwal belajar untuk anak, dan buatlah ia untuk menepatinya. Kontrollah waktunya, buatlah jadwal ia belajar, bermain, nonton TV atau internet dan sebagainya.

Ajarilah bertanggung jawab

Ajarilah anak-anak untuk bertanggung jawab dengan cara-cara sederhana, seperti mewajibkannya untuk merapikan tempat tidurnya sendiri, menyiapkan peralatan sekolah sendiri dan sebagainya. Dari hal-hal kecil dan sederhana tersebut, anak akan terlatih untuk bertanggung jawab.

0 Komentar

 
'